Fabio Quartararo Mengkritik Performa M1 Yamaha di MotoGP Americas

Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo, mengkritik performa M1 Yamaha di GP Amerika. Quartararo mengatakan bahwa M1 Yamaha harus diubah karena rival mereka terlihat seperti roket, bukan motor. Quartararo memulai balapan dari urutan ketujuh dan naik ke posisi keempat pada lap pembuka. Namun, dia kesulitan menyalip pembalap di depannya yang menghambat kecepatan sudut tikungan.

Dia juga kehilangan kecepatan saat melakukan akselerasi dan tertinggal di tempat terakhir dalam top speed, membuat Quartararo hanya mengandalkan pengereman. Dia akhirnya terjatuh dari posisi keenam di pertengahan balapan dengan sepuluh lap.

"Menyebalkan sekali, karena ketika saya sendirian, saya merasa lebih mudah dan cepat," kata Quartararo. “Saat Anda mengikuti seseorang, seperti yang lain lakukan saat kualifikasi, itu lebih mudah, tetapi kami mengendarai dengan cara yang benar-benar berbeda sehingga tidak membantu kami. Saya berada di belakang beberapa pembalap di awal balapan yang tidak bisa saya lewati. Saya bahkan tidak bisa mencoba untuk bertarung dengan mereka. Dan setelah kecelakaan, saya membuat waktu lap terbaik saya meskipun saya tidak benar-benar di batas dan ketika Anda berada di posisi terakhir, motivasinya tidak sama."

Quartararo menambahkan, "Pengereman adalah satu-satunya titik di mana kita dapat memperoleh waktu lap. Saya bisa menyelamatkan 1, 2,3 [moments], tetapi pada akhirnya ketika Anda bermain seperti itu dengan batas, Anda membuat kesalahan dan itulah yang terjadi. Karena saat akselerasi di trek lurus, kami kehilangan begitu banyak dan sayangnya satu-satunya tempat di mana saya bisa bertarung adalah [pengereman]."

Quartararo menyimpulkan bahwa meskipun telah dilakukan upaya besar-besaran untuk meningkatkan kekuatan mesin M1 pada 2023, perubahan mendasar diperlukan untuk membuat motornya berkinerja seperti rivalnya. "Tentu saja, itu harus berubah," kata Quartararo. “Saya tidak tahu bagaimana, tetapi ... Selama empat tahun, saya tidak merasakan perbaikan besar pada motor. Sekarang saya mulai memiliki cukup banyak pengalaman pada motor, tetapi saya tidak melihat perbaikan besar."

Juara dunia 2021 saat ini menggabungkan mesin baru dengan rangka dan bagian aero yang lebih tua. Peningkatan direncanakan untuk tes Jerez awal bulan depan, tetapi Quartararo mengatakan, "Hal yang harus kita ubah jauh lebih besar daripada memiliki knalpot atau satu hal kecil pada motor. Bagi saya, harus ada perubahan besar dan membuat perubahan besar bisa sulit. Tetapi jika kami dapat menjamin peningkatan, saya pikir kami harus melakukannya."

Quartararo juga mengkritik kekurangan downforce aero pada M1 Yamaha dan kelemahan di trek lurus. Dia mengatakan bahwa meskipun tim telah mencoba memperbaikinya, perubahan mendasar diperlukan untuk menyelesaikan masalah ini.

"Saya pikir kami perlu menemukan downforce aero yang lebih baik. Kami mencoba beberapa hal, tetapi kami masih kekurangan," kata Quartararo. "Kemudian, dalam hal kecepatan, kami perlu memperbaiki akselerasi dan top speed kami. Kami terlalu lemah dalam hal itu."

Quartararo juga menyoroti pentingnya memiliki tim yang solid dan bekerja sama dengan baik untuk mencapai hasil yang diinginkan. "Kami butuh tim yang solid. Kami harus bekerja sama dengan baik, meskipun kami tidak selalu setuju pada segala hal," kata Quartararo. "Kami harus bekerja sama dengan baik untuk membuat motor lebih baik dan menjadi lebih cepat. Itulah yang harus kami lakukan untuk menjadi lebih kompetitif dan memenangkan balapan."

Dalam rangka untuk bersaing dengan tim-tim lain di MotoGP, Quartararo percaya bahwa Yamaha perlu membuat perubahan besar pada M1 mereka. Dia mengatakan bahwa mereka harus memperbaiki akselerasi dan top speed, menemukan downforce aero yang lebih baik, dan bekerja sama dengan tim yang solid. Jika perubahan mendasar dilakukan, Quartararo yakin bahwa Yamaha bisa kembali menjadi kekuatan yang dapat diandalkan di MotoGP.

Posting Komentar

0 Komentar